AKADEMIK

Pedoman Kerja Praktek

MEKANISME KERJA PRAKTEK

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

Mahasiswa yang akan mengambil mata kuliah Kerja Praktek (KP) harus mengikuti persyaratan-persyaratan sebagai berikut :

1. Telah Lulus sebagian besar mata kuliah semester I – VI.

2. Telah lulus Mata Kuliah Keahlian dan Mata Kuliah Berkarya (minimum 100 sks) mata kuliah yang dapat dipilih dari daftar mata kuliah di bawah ini yang sesuai dengan objek penelitian Kerja Praktek yang diikutinya, yaitu :

a. Pemrograman Berbasis Web

b. Database dan database lanjut

c. Pemrograman Visual

d. Teknik Multimedia

e. Jaringan Komputer I & II

3. Administrasi Kerja Praktek ke perusahaan (surat permohonan untuk tempat kerja praktek) dapat diberikan kepada mahasiswa yang memenuhi syarat Kerja Praktek tanpa terlebih dahulu harus mengisi KRS, dengan persetujuan PA dan berkoordinasi dengan Program Studi dan melampirkan Transkrip dan KHS terakhir.

4. Mahasiswa yang telah selesai melakukan Kerja Praktek di perusahaan harus mendaftar ke Program Studi untuk mendapat Dosen Pembimbing yang sesuai dengan latar belakang keilmuan serta mengambil Lembar Konsultasi Bimbingan untuk proses bimbingan guna mengikuti seminar Kerja Praktek.

5. Jadwal pelaksanaan seminar akan ditentukan oleh Program Studi (Koordinator Kerja Praktek)

6. Mahasiswa yang akan mengikuti Seminar Kerja Praktek wajib mengikuti tahapan berikut :

a. Seminar

Mahasiswa yang akan maju seminar Kerja Praktek mendaftar ke Program Studi 1 (satu) minggu sebelum seminar diselenggarakan dengan menyerahkan :

– Blanko pengisian Kerja Praktek (KP) pada Kartu Rencana Studi (KRS).

– Lembar Konsultasi Bimbingan yang telah disetujui (ditandatangani) pembimbing.

– Laporan Kerja Praktek 3 (tiga) exp. Yang belum dijilid dan fotocopy sinopsis ± 15 exp.

b. Disetujui (lembar konsultasi ditandatangani) oleh Dosen Pembimbing, Program Studi mengatur penyelenggaraan seminar Kerja Praktek, dengan 3 (tiga) orang dosen Penguji.

c. Seminar Kerja Praktek diselenggarakan secara terbuka yang diikuti oleh para dosen dan mahasiswa.

d. Pada saat seminar, mahasiswa yang melakukan seminar, mengenakan pakaian atas putih dan bawah warna gelap, serta untuk pria memakai dasi.

7. Mahasiwa yang seminar Kerja Praktek-nya dinyatakan lulus, mengumpulkan laporan akhir Kerja Praktek yang telah dihard-cover 4 (empat) exp ke Program Studi (dua untuk Program Studi, satu untuk Pembimbing, dan satu untuk mahasiswa yang bersangkutan) ditambah untuk tempat Kerja Praktek, jumlah disesuaikan dengan peraturan perusahaan yang bersangkutan.

8. Sedangkan bagi mahasiswa yang tidak lulus diberikan kesempatan ulang untuk seminar Kerja Praktek, waktunya ditentukan oleh Program Studi setelah berkoordinasi dengan Pembimbing.

Pedoman Skripsi

MEKANISME SKRIPSI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

Mahasiswa yang akan mengambil mata kuliah Skripsi dan Seminar harus mengikuti persyaratan-persyaratan sebagai berikut :

1. Lulus semua mata kuliah semester I – VII, telah menyelesaikan 138 sks dengan IPK >=2,00 dan telah lulus mata kuliah Metode Penelitian.

2. Mahasiswa mengisi mata kuliah Skripsi dan Seminar pada Kartu Rencana Studi (KRS).

3. Mahasiswa mengajukan Proposal Judul Skripsi kepada Program Studi. Seminar proposal judul Skripsi diselenggarakan secara terbuka yang diikuti oleh para dosen dan mahasiswa.

4. Mahasiswa yang proposal judulnya diterima (setelah melalui berbagai perbaikan dan masukan dari dosen dan mahasiswa) mengambil lembar konsultasi bimbingan untuk bimbingan Skripsi dan untuk mendapat Dosen Pembimbing. Dosen Pembimbing ditentukan oleh Program Studi sesuai dengan latar belakang keilmuan Dosen Pembimbing dan tema skripsi. Waktu untuk mengikuti seminar isi Skripsi setelah seminar proposal judul minimal 2 (dua) bulan.

5. Untuk mengikuti Seminar Isi Skripsi, mahasiswa mendaftar ke Program Studi dengan membawa lembar konsultasi yang telah ditanda tangani oleh Pembimbing (persetujuan pembimbing). Program Studi mengatur penyelenggaraan seminar Isi Skripsi dengan 3 (tiga) orang Dosen Penguji. Seminar Isi Skripsi diselenggarakan secara terbuka yang diikuti oleh para dosen dan mahasiswa. Waktu untuk mengikuti Ujian Skripsi setelah seminar Isi Skripsi minimal 1 (satu) bulan.

6. Mahasiswa yang dinyatakan lulus Seminar Isi Skripsinya, diperkenankan mendaftar Ujian Skripsi ke Sekretariat Fakultas dengan persyaratan sebagai berikut :

a. Mengisi blangko permohonan Sidang Skripsi

b. Melampirkan bukti pembayaran biaya sidang skripsi

c. Melampirkan surat bebas perpustakaan

d. Melampirkan surat bebas peminjaman alat Lab dan Work-shop

e. Melampirkan transkrip + KHS terakhir (bagi mahasiswa yang transkripnya belum lulus semua mata kuliah, tidak termasuk sks mata kuliah skripsi).

7. Sedangkan bagi mahasiswa yang tidak lulus diberi kesempatan ulang untuk seminar Isi Skripsi, waktunya ditentukan oleh Program Studi setelah berkoordinasi dengan Pembimbing.

8. Jika pada seminar Isi Skripsi kedua mahasiswa yang bersangkutan tidak lulus juga maka mahasiswa tersebut diusulkan untuk mengambil tema (judul) yang lain (Program Studi berkoordinasi dengan Pembimbing).

9. Program Studi akan menyelenggarakan Sidang Skripsi setelah menerima Daftar Peserta Sidang Skripsi dari Kepala Tata Usaha (Ka. TU), sidang diselenggarakan secara tertutup dengan 3 (tiga) orang Penguji serta 1 (satu) orang Pembimbing.

10. Mahasiswa yang dinyatakan lulus, mengumpulkan laporan akhir Skripsi yang telah dihard-cover 4 (empat) exp berikut CD program dan skripsi serta jurnal ke Program Studi (dua untuk Program Studi, satu untuk Pembimbing, dan satu untuk mahasiswa bersangkutan).

laboratorium Software Engineering 14102009003.jpg