Pentingnya sertifikasi IT bagi dunia kerja, cerita Savitri dan Nadiah

Sertifikasi profesi menjadi salah satu hal yang penting untuk dimiliki saat ini. Pasalnya dengan sertifikasi profesi tersebut skill yang dimiliki telah diakui sehingga bisa berkompetensi dengan masyarakat dari negara lainnya.

Apalagi saat sudah masuk era globalisasi, dimana Indonesia menjadi anggota dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Sehingga membuat negara harus bisa bersaing, salah satunya adalah pada tenaga kerjanya.

Namun sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum sadar mengenai pentingnya memiliki sertifikat profesi tersebut, termasuk mahasiswa.

Untunglah, kondisi ini dsikapi dengan sigap oleh dua mahasiswi Teknik Informatika angkatan 2017 yang bernama Sapitri Angraini (NIM: 2017230016)  dan Nadiah Tami Prastiwi (NIM: ). Berbekal info bahwa Balai Latihan Kerja Cevest Bekasi akan mengadakan pelatihan akhirnya mereka berdua mendaftar.

Proses penerimaan tidak semudah yang dibayangkan karena mahasiswi ini harus melalui serangkaian tes masuk. Bayangkan. Hanya untuk mengikuti pelatihan saja harus pula di test, ini menjadi hal yang masuk akal mengingat pesertanya berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Disamping itu sertifikasi yang diberikan nantinya adalah sertifikasi berstandar nasional.

Test tertulis dan interview pun dijalankan dengan tekun dan penuh persiapan. Dan akhirnya berduapun dinyatakan lolos untuk mengikuti pelatihan. Adapun pelatihan yang diikuti adalah Database Programming yang hanya diikuti 16 peserta saja. Pelatihan dilaksanakan dengan pola 360 jam yang dimulai pukul 07.00 sd 17.00 , senin sd Jumta dengan diawali apel pagi yang dipimpin oleh tentara TNI. Kegiatan ini disamping untuk pelaksanaan pelatihan juga melatih disiplin agar peserta tetap tekun mengikuti kegiatan, karena selama pelatihan tidak boleh terlambat meski hanya satu menit.

Saat Ujian pun juga diawasi secara ketat. Karena lulusannya akan memperoleh sertifikat BNSP sebagai modal untuk portofolio ketrampilan di bidang IT

Sukses terus mahasiswa-mahasiswi tif unsada

Link terkait tentang pelatihan sertifikasi IT