Seminar Monozukuri ke-13 di PT Yakult Indonesia Persada

Monozukuri menjadi arah pandang manusia dalam bekerja, yang tujuannya bukan hanya untuk hasil produk saja tetapi juga memiliki atau menekankan proses pembuatan dengan ketelitian, ketangguhan, kesungguhan yang terus menerus serta layanan (service) yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas.  Inilah yang membentuk suatu kultur korporasi yang baik.  Monozukuri timbul dari sisi manapun baik dari pekerjanya/buruh, misalnya dalam produksi (pabrik) mobil, umumnya buruh di Jepang bekerja dengan tradisi menjaga/mempertahankan mutu untuk hasil yang terbaik (bermanfaat tinggi) bagi masyarakat luas maupun pelayanannya (untuk kebangkitan ekonomi industrinya).  Monozukuri adalah membangun standar dan atau acuan yang tinggi dimana pekerja Jepang mengharapkan dirinya dapat memberikan hasil terbaik yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas

Dengan latar belakang di atas universitas darma persada bertekad untuk menyerap nilai-nilai kebaikan monozukuri pada kurikulumnya sebagai muatan lokal yang menjadi salah satu visi dan ciri dari UNSADA. Sebagai kelanjutan dari visi tersebut dilaksanakan berbagai seminar dan kuliah umum tentang Monozukuri.

Dalam rangka mewujudkan cita-cita tersebut digelarlah seminar monozukuri. Seminar Monozukuri pertama di adakan dengan membahas Toraya Restoran, sebuah perusahaan makanan dari Jepang yang tekah berusia 500 tahun. Pada tanggal 26 Nopember 2014 telah dilakukan seminar monozukuri ke-6 di Universitas Darma Persada dengan menghadirkan Mr Hideo Shimizu dari perusahaan Jaxson, sebuah perusahaan pembuat peralatan mandi erbaik dari Jepang.

Rangkaian seminar ini dilanjutkan hingga ke PT Kawai Indonesia sebuah perusahaan pembuat Piano dari Jepang. Hingga saat ini seminar monozukuri sudah dilaksanakan sampai kali ke-13 di PT Yakult Indonesia Persada. Perusahaan Yakult berdiri di sejak tahun 1930 dan mendirikan pabrik di Indonesia sejak tahun 1990.

ACara yang diadakan 7 Maret 2017 ini memberikan pelajaran sejarah dan cara kerja PT Yakult sehingga kita dapat menyerap nilai-nilai kebaikan monozukuri yang diterapkan di perusahaan tersebut. Selain penjelasan sejarah acara juga dilanjutkan dengan factory tour di pabrik Yakult.

 

dsc_1749 dsc_1750

dsc_1743 dsc_1752 dsc_1753 dsc_1754 dsc_1758 dsc_1759 dsc_1761 monozukuridsc_1742

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *