Kuliah Tamu Artificial Intelligence dari Tokyo Institue Of Technology

Artificial Intelligence atau hanya disingkat AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan yang diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzyjaringan syaraf tiruan dan robotika.

Walaupun AI memiliki konotasi fiksi ilmiah yang kuat, AI membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer, berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang cerdas dalam sebuah mesin. Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah. Hal-hal seperti itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian pada penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata. Sistem AI sekarang ini sering digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan, teknik dan militer, seperti yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak komputer rumah dan video game.

Dalam rangka menambah wawasan keilmuan di bidang Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence, maka jurusan Teknik Informatika menyelenggarakan kuliaha tamu dengan tema “ Peran Artificial Intelligence terhadap Perkembangan Teknologi IT di masa depan”

Kuliah Tamu yang berlangsung pada hari kamis, 1 Desember 2016 diisi oleh pembicara Bapak M. Irvan, PhD , Asistant Professor  dari Department of Computational Intelligence and Systems Science, Tokyo Institue Of Technology.

Berbagai pertanyaan dilontarkan oleh peserta kuliah tamu saat sesi pertanyanaan karena saking menariknya kuliah tamu ini.

Semoga acara ini menambah wawasan mahasiswa dan dapat dilakukan secara rutin di semester mendatang.

 

kuliah_tamu1 kuliah_tamu2 kuliah_tamu3

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *