Kerjasama UNSADA dengan KPKNL Bekasi

Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bekasi, Kurniawan Nizar, menerima kunjungan dari Perwakilan Universitas Darma Persada (Unsada) pada Kamis (22/09). Kunjungan Unsada yang diwakili, Dosen Unsada Nur Syamsiyah. Tujuan utama dari kunjungan Unsada ke Kepala KPKNL Bekasi adalah dalam rangka kerja sama guna para mahasiswanya dapat menerapkan ilmu yang diberikan di kampus di masyarakat khususnya di instansi pemerintah dalam hal ini KPKNL Bekasi.

Dalam sambutannya, Kepala KPKNL Bekasi  memberikan apresiasi kepada Unsada yang telah melakukan kerja sama dengan KPKNL Bekasi. Sebagai awal bentuk kerjasama, KPKNL Bekasi menerima mahasiswa dalam melakukan praktik kerja lapangan. Kemudian Kepala KPKNL Bekasi memberikan penjelasan singkat kepada rombongan Unsada terkait peran, tugas, dan fungsi institusional KPKNL sebagai lembaga vertikal di bawah naungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan.

“Diharapkan melalui kerja sama ini, para mahasiswa Unsada sebagai salah satu agen perubahan (change agent), dapat memberikan wajah baru kepada KPKNL Bekasi dengan sistem informasi yang modern, fast, accurate dan sekaligus juga dapat menyebarluaskan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat tentang kedudukan, peran, fungsi, dan tugas-tugas KPKNL,” tutur Nizar, panggilan akrab Kepala KPKNL Bekasi.

Dalam sambutannya, pihak Unsada Nur Syamsiyah  berharap, ke depan jalinan kerja sama KPKNL Bekasi dan Unsada dapat lebih ditingkatkan, bukan hanya dalam menerima praktik kerja lapangan tapi ke depannya juga dalam bentuk sosialisasi/seminar program, tetapi kerja sama bentuk lain dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. “Misalnya dalam bentuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat guna meningkatkan sumber daya manusia dalam rangka memberikan meningkatkan pelayanan prima ,” ungkap Nur kepada KPKNL Bekasi.

Selanjutnya, acara dilanjutkan paparan teknis Kepala Seksi Penilaian Widiyantoro kepada mahasiswa Unsada. Dalam paparannya, KPKNL Bekasi memerlukan sistem informasi yang dijalankan guna mendukung sistem informasi yang ada sehingga mendukung pelayanan yang ada di KPKNL Bekasi. “Sebagai langkah awal, KPKNL Bekasi memerlukan 3 aplikasi yaitu aplikasi pendukung pengambilan keputusan bagi kepala kantor (dashboard application), aplikasi pendukung operasional penilaian, dan aplikasi monitoring baik monitoring ketepatan waktu penyampaian laporan maupun efektivitas kinerja pegawai” paparnya kepada mahasiswa Unsada

Dewi Wulandari selaku wakil dari mahasiswa Teknik Informatika pada kerjasama ini mengambil peran sebagai developer GIS and DSS dalam pembuatan Sistem Informasi di KPKLN

IMG_3492_2_thumb_150

sumber: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/berita/detail/kerjasama–kpknl-bekasi-dengan-universitas-darma-persada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *