Presentasi Project MEXT 2014 di Toyama Jepang

Seiring dengan berakhirnya project MEXT 2014 yang pernah diulas lalu  yaitu project pengembangan aplikasi Android dengan Bussiness and Information Technology College (BIT) Toyama , Toyama jepang, maka sebagai acara penutupan adalah presentasi project di kampus Toyama.

Presentasi yang diselenggarakan pada hari selasa, 20 Januari 2015 di kampus BIT di awali dengan Mr masafumi Gonso, dilanjutkan dengan presentasi dari tim Indonesia dan Philipina. dari Indonesia diwakili oleh Ahmad Sayuti yang menceritakan progress pengembangan aplikasi dari awal sampai dengan akhir.

pada sesi ke dua merupakan sesi tanya jawab dimana pada sesi ini ditanyakan kendala yang dihadapi dalam pengembangan aplikasi antara dua negara. meski dipisahkan oleh geografis tetapi dengan menggunakan tool redmine dan scrum aplikasi dapat dibuat. pada sesi ini tim Indonesia juga memperoleh pujian dari Tim jepang karena berhasil membuat fungsi (function)  tertentu yang menurut mereka ini merupakan fungsi tingkat tinggi.

kendala terbesar dari project ini adalah masalah bahasa dimana di Indonesia tidak terlalu “fluent” dengan bahasa Inggris begitu juga dengan siswa dari Jepang.

Semoga kerja sama ini dapat berlanjut di masa yang akan datang

I chiban…..

blog1 blog2 blog3 blog4 blog5 blog6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *