Universitas Darma Persada – Teknik Informatika

Universitas ini merupakan salah satu dari 6 (enam) Perguruan Tinggi di Jakarta yang mendapat “Jatah” Hibah untuk pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Information and Communication System=ICT). Selain mendapat fasilitas koneksi Internet dan INHERENT Lease line dari DIKTI pada akhir tahun 2006 yang lalu, Universitas ini juga telah melengkapi sarana Sistem Informasi Akademis On-line dan Laboratorium Komputer yang mumpuni untuk menjalankan software-software terbaru masa kini. Universitas ini sebenarnya telah berdiri sejak tahun 1986 yang pada awalnya berlokasi di jalan Sudirman. Tetapi sebagai konsekuensi dari terus berkembangnya kebutuhan infrastruktur dan peningkatan jumlah mahasiswa maka kampusnya dipindahkan ke daerah Pondok Kelapa tepatnya di :

Jln. Radin Inten II (Terusan Casablanca) Pondok Kelapa – Jakarta 13450

Telp. (021) 8649051, 8649053, 8649057 Fax.(021) 8649052

Apa itu INHERENT ?

INHERENT (Indonesian Higher Education Network) merupakan jaringan khusus yang menghubungkan antar perguruan tinggi di Indonesia. Saat ini sudah banyak Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta yang telah memiliki sumber daya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang memadai tetapi interkoneksi antar Perguruan Tinggi tersebut selama ini masih menggunakan jalur internet yang bandwidthnya terbatas. Oleh karena itu Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi meluncurkan program pengembangan sistem dan jaringan informasi Pendidikan Tinggi yang tujuannya menghubungkan seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia melalui jalur khusus ini yang disebut dengan INHERENT. Pada awalnya beberapa Perguruan Tinggi telah terhubung ke INHERENT seperti : Unsyiah, Unsrat, Unpatti, Uncen, Unibraw, Undana, Untar, Undip, Unmul, ITB, UI, ITS, dan UGM yang telah berhasil mengadakan teleconference pada tanggal 8 Agustus 2006 lalu. Pembangunan infrasruktur selanjutnya mencakup 32 simpul yang meliputi hampir seluruh ibukota provinsi di Indonesia yang akan terjaring secara intranet.

Sekitar 82 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta saat ini telah bergabung ke dalam jaringan ini melalui program INHERENT Dikti dan salah satunya adalah Universitas Darma Persada (UNSADA) yang berlokasi di derah Jakarta Timur.

Apa Yang Menarik ?

Apa yang menarik lainnya dari Universitas ini ?

Yang pertama, selain dari kelengkapan fasilitas ICT, akses internet melalui layanan hotspot sepanjang waktu perkuliahan, juga infrastruktur gedung [milik sendiri] yang memang dirancang sedemikian rupa untuk kebutuhan kampus dan kegiatan akademik seperti tampak pada denah berikut :

gedung-unsada.jpg

– Denah Gedung UNSADA –

Siapa pun yg pernah menjejakkan kaki ke lokasi Universitas ini pasti menyadari betapa investasi gedung dan prasarana lain pendukungnya memang telah direncanakan sejak awal2 sedemikian rupa bagi kelancaran kebutuhan penyelenggaraan pendidikan.

Hal menarik lainnya adalah ternyata keberadaan Universitas ini merupakan hasil kerjasama para alumni Jepang yang berhimpun dalam organisasi Perhimpunan Alumni dari Jepang (PERSADA) bekerjasama dengan organisasi Perhimpunan Persahabatan Indonesia – Jepang (PPIJ).

Tak heran jika jurusan sastra Jepang adalah bidang keilmuan perdana yang diselengarakan saat pertama sekali didirikan dan sampai saat ini termasuk jurusan primadona di Universitas ini.

Bahkan lebih uniknya lagi setiap jurusan pada Universitas ini diberi perbekalan bahasa dan kebudayaan Jepang. Program ini sengaja dimasukkan ke kurikulum karena perusahaan-perusahaan Jepang memang menjadi salah satu target penempatan kerja bagi para lulusannya.

 

Jurusan Teknik Informatika

Universitas ini memiliki jurusan Teknik Informatika dengan kurikulum yang disesuaikan dengan perkembangan di bidang IT/ICT saat ini. Sehubungan dengan bantuan hibah ICT dari DIKTI tersebut maka Jurusan ini semakin eksis saja dengan terpenuhinya infrastruktur laboratorium seperti : PC high performance pada ruang laboratoriumnya, CISCO device (switch + router), Video teleconference (for remote e-learning) dan berbagai sarana IT lainnya.

Bagi yang berminat di bidang manajemen business berbasis IT, Universitas ini juga memiliki jurusan Sistem Informasi sebagai komplemen dari jurusan Teknik Informatika.

Aspiratif Terhadap Keluhan Mahasiswa

Dengan berbagai kelengkapan dan pembenahan di atas, seperti lumrahnya terjadi pada institusi lain pada umumnya, Universitas ini juga pernah memiliki sejumlah fenomena kurang menarik yang justru menjadi semacam kontra produktif dengan usaha-usaha pembenahan di atas. Katakanlah masalah perpeloncoan terhadap mahasiswa baru yang oleh sebagian senior pernah dilakukan tak terkendali dan over acting. Ini ter-identifikasi sebagai kegiatan yang cukup merisaukan sebagian besar mahasiswa baru/junior sehingga hubungan senior-junior terkadang kehilangan sifat kundusivitasnya dan acap memunculkan masalah2 baru ke setelahnya.

Menyadari hal ini, maka mulai tahun ajaran ini sepertinya telah disepakati kegiatan semacam itu akan direka-habis dan digantikan dengan kegiatan lain yang lebih bermutu secara akademik yg dikendalikan oleh jurusan dan dosen masing-masing.

Contoh kasus di IPDN cukuplah menjadi bukti betapa sebenarnya dunia Pendidikan lebih membutuhkan pendekatan akademik yang “intelek” ketimbang pendekatan represif berbasis militer “mentah”.

Penutup

Artikel pada postingan kali ini sekedar untuk memberi informasi betapa sebenarnya Jakarta memiliki sejumlah tempat pendidikan alternatif, yang layak untuk dijadikan pertimbangan bagi anda sendiri, teman-teman, adik-adik atau anak-anak anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *